marco simoncelli

marco simoncelli

ini dia pembalap yang terkenal berani. baru-baru ini di isukan akan turun kelas. entah itu benar atau tidak kita liat kebenaranya di moto GP tahun depan. dan karena sekarang ini lagi panas-panasnya membincangkan rider si kribo ini.


Nama : Marco Simoncelli
Tempat Lahir : Cattolica, Italia
Tanggal Lahir : 20 Januari 1987
Team : san carlo honda gresini


 Tak peduli senoir atau seangkatan, tak peduli rekan senegara atau rekan satu team, tak akan menghalangi seorang Marco Simoncelli untuk beraksi dan melakukan manuver berbahaya. Sayangnya tak selalu sukses, selain membahayakan rider lain juga lebih sering merugikan diri sendiri.
Musim 2010 Simoncelli terkesan telat “panas”. Telat banget malah. Si rambut kribo baru bisa bersaing di barisan depan pada dua seri terakhir yang berlangsung di sirkuit Estoril dan Valencia. Itupun belum menghasilkan podium, sehingga dia belum bisa bayar kaul memangkas rambut kribonya yang serasa sudah over.

Namun toh hal tersebut tak menyurutkan niat pabrikan Honda untuk memberikan full factory support untuknya di musim 2011 ini. Yup, sejak awal sebenarnya Super Sic memang adalah rider pabrikan. Italiano itu menandatangangani kontrak dengan Honda Racing Corporatian (HRC) namun dititipkan di team Honda Gresini.

Sebagai wujud keseriusan HRC memberikan full support, saat sesi test di Valencia November 2010 lalu, juara dunia kelas 250cc tahun 2008 itu telah didaulat untuk menguji perangkat aerodinamika khusus untuknya. Ya, postur tubuhnya yang tinggi besar itu tentu memerlukan perlakuan yang berbeda jika dibandingkan dengan Dani Pedrosa yang kecil mungil.

Tapi, Simoncelli tentunya harus memberikan timbal balik yang setimpal kepada HRC. Perlakuan istimewa itu bisa saja ditarik jika dia masih lebih sering DNF ketimbang meraih poin. Apalagi HRC sudah punya tiga jagoan lainnya, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan tentunya Casey Stoner. Jika Simoncelli berhasil mensejajarkan diri dengan ketiga rider tersebut, atau minimal bisa mengungguli salah satunya, maka ada kemungkinan tahun 2012 mendatang dia tak lagi harus menjadi rider titipan.



Career marco semoncelli

Marco Simoncelli adalah Grand Prix Italia pembalap sepeda motor jalan. Seorang pengendara atas Kejuaraan minimoto Italia dari 1996 sampai 2000, Marco Simoncelli pindah ke 125cc sepeda setelah mengambil dua gelar berturut-turut dalam disiplin tersebut. Setelah musim pertama yang menjanjikan di 125 Honda Trophy, Simoncelli mengambil judul 125cc Eropa pada tahun 2002 dan memiliki rasa pertama Grand Prix balap tahun yang sama.

Pada tahun 2003 ia melakukan musim penuh pertama di Kejuaraan Dunia dengan tim Matteoni Racing. Sebuah titik gol-konsisten dalam musim rookie, ia pindah ke tim Bravo Rauch pada tahun 2004 dan mencetak gol pertama Grand Prix menang di Jerez hujan-basah, tapi hanya bisa mengelola menyelesaikan ditempatkan 11 secara keseluruhan.

Kampanye lain 125cc pada tahun 2005, dengan tim Race Nocable.it, telah diselesaikan dengan peningkatan klasemen akhir di tempat ke-5, Simoncelli memberikan kesempatan untuk melompat ke dalam kategori seperempat liter. Musim mantap melihat posisi mencapai 10 Italia di kejuaraan mewakili Metis Gilera, dengan siapa ia terus pada tahun 2007 dan sekarang 2008.

Pada tahun 2008 Simoncelli mencapai kemenangan pertama lomba di kelas 250cc, kemenangan perdana kedatangannya di lomba rumahnya di Mugello, dan terlibat dalam beberapa pertempuran hati dengan saingannya selama tahun. Muncul sebagai pengendara menonjol di kelas, Gilera memberikan bintang terbaru mereka dengan mesin RSA top-of-the-range untuk balapan akhir musim.

Kemenangan Italia dijamin kelima tahun ini di Phillip Island awal pada bulan Oktober dan merebut gelar dengan tempat ketiga di Malaysia pada babak kedua dari belakang tahun. Dia saat ini rides Gilera di 250cc Kejuaraan Dunia, dan sebelumnya telah berlari di kelas 125cc. Dia telah memenangkan lima perlombaan di kelas 250cc, dan dua di kelas 125cc.

Dia membuat penampilan satu-off untuk Aprilia di babak Superbike Dunia di Imola. Dia memenuhi syarat di baris kedua dan merupakan salah satu dari tiga pembalap crash keluar dari perlombaan satu di Tosa saat menjalankan 5, sebelum berjuang hingga 3 dalam lomba dua, membuat langkah kuat untuk menyalip rekan setimnya Max Biaggi untuk naik ke podium.

Pada tanggal 25 Juni 2009 ia menegaskan bahwa Simoncelli akan pindah ke balap kelas utama kejuaraan MotoGP untuk tahun 2010 setelah setuju untuk naik dengan tim San Carlo Gresini Honda.
2010 - MotoGP
2009 - 250GP - 3rd place 2009 - 250GP - 3 tempat
2008 - 250GP - Champion 2008 - 250GP - Juara
2007 - 250GP - 10th place 2007 - posisi ke-10 - 250GP
2006 - 250GP - 10th place 2006 - 250GP - tempat 10
2005 - 125GP - 5th place 2005 - Tempat 5 - 125GP
2004 - 125GP - 11th place 2004 - tempat 11 - 125GP
2003 - 125GP - 21st place 2003 - tempat 21 - 125GP
2002 - 125GP - 33rd place 2002 - tempat ke-33 - 125GP


sumber: wikipedia