[wajib baca] peduli dengan lingkungan

[wajib baca] peduli dengan lingkungan

pernah liat kejadian seperti ini?


Pemandangan di atas baru sebagian kecil dari kerusakan dan pencemaran lingkungan yang lagi terjadi di negara kita tercinta. Bahkan tahun 2014 ini Indonesia udah ngalahin Brazil dalam hal laju kerusakan hutan tercepat di dunia, Indonesia yang paling cepet Gan!

Dengan luas lebih dari 5juta km persegi, pemerintah pun pasti kesulitan kalo harus monitor tiap daerah, salah satu cara terbaik ngebantunya adalah dengan gotong royong rakyat, termasuk ane dan Agan-Agan sekalian. Gotong royong kaya apa? Gotong royong nyediain CCTV buat pemerintah pusat (mahal amat Gaannn!!)

sumber
Tenang Gan, CCTV-nya ga perlu beli kok, CCTV-nya itu KITA sendiri. 

Jadi gini Gan, baru-baru ini, Greenpeace Indonesia baru aja bikin platform buat bantu pemerintah baru ngompilasi masalah-masalah lingkungan yang lagi terjadi di seluruh penjuru Indonesia, namanya JARING (Jurnalisme Warga Untuk Lingkungan)

Di JARING ini, sumber informasinya adalah seluruh rakyat Indonesia, dimanapun berada, termasuk agan pun bisa kalo mau kontribusi, caranya gampang:
1. Kalo Agan nemuin kejadian kerusakan atau pencemaran lingkungan, jangan ragu untuk langsung foto
2. Upload foto itu ke Facebook/Twitter/Instagram/G+ Agan lalu tambahin tagar #PRke7
3. Secara otomatis foto yang agan post itu akan muncul di JARING
4. Di tanggal 27 Oktober, Greenpeace Indonesia secara simbolis bakal nyerahin secara langsung informasi-informasi dari Agan ke tangan presiden baru Indonesia, Joko Widodo.

Selanjutnya, platform ini bakal terus dibuka dan bisa dipakai sama pak Jokowi dan seluruh jajaran pemerintah untuk ngeliat dan nyelesaiin PR lingkungan negeri ini.

Ayo Gan saatnya kita proaktif gotong royong buat nyelesaiin semua masalah lingkungan Indonesia, demi masa depan kita, anak cucu kita, dan dunia!