Sering Gonta-ganti Jenis Diet, Penyebab Utama Bobot Gagal Turun

Sering Gonta-ganti Jenis Diet, Penyebab Utama Bobot Gagal Turun

Jakarta, Untuk bisa menurunkan berat badan, mengatur pola makan yang tepat merupakan sebuah langkah penting. Nah, kini beberapa variasi diet mulai banyak muncul. Jangan semuanya dicoba, bukannya langsing Anda justru bisa makin gemuk.

Pakar nutrisi dari Boden Institute of Obesity, Nutrition, Exercise and Eating Disorders di University of Sydney, Prof Amanda Salis, menyebutkan pentingnya memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk bisa menurunkan berat badan.

"Jenis diet apapun yang Anda terapkan dengan tujuan menurunkan asupan kalori yang berlebihan, sebaiknya diterapkan secara tetap. Selain itu, jangan cuma andalkan diet untuk turun berat badan. Diet hanya salah satu bagian dari pola hidup sehat untuk turun berat badan," ungkap Salis, seperti dikutip dariABC Australia, Senin (24/11/2014).

Ia menegaskan diet 'sendiri' bukan merupakan jawaban untuk masalah berat badan berlebih. Jika memang Anda ingin menurunkan berat badan secara sehat, Anda harus menjadikan diet yang konsisten sebagai salah satu dari rencana pola hidup sehat.

Setelah memulai program penurunan berat badan dengan diet, lanjutkan mempertahankan berat badan dengan rajin melakukan latihan fisik.

"Anda bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga, tapi jika Anda menambahkannya, efisiensi berat badan yang turun akan meningkat dan Anda lebih mudah dalam mempertahankannya," imbuh Salis.

Pakar diet dan fitnes, Malia Frey, menyebutkan bahwa jika Anda telah memutuskan untuk menurunkan berat badan dan siap melakukan latihan fisik, Anda mungkin siap langsung ke gym. Tapi jika Anda tidak meluangkan waktu untuk membuat program diet dan olahraga secara efektif, seluruh program Anda bisa berantakan.

Menurut Frey, langkah pembuka yang perlu Anda lakukan saat memutuskan untuk menurunkan berat badan adalah berkonsultasi dengan dokter. Meskipun sering dianggap tak penting, dokter dapat memberikan informasi penting yang akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih efektif. Dokter bisa memberikan saran diet dan olahraga yang tepat sesuai kondisi fisik dan riwayat kesehatan Anda.

sumber