modifikasi-modifikasi yang ada di Indonesia

modifikasi-modifikasi yang ada di Indonesia

Buat para penggemarmodifikasi mobil pasti familiar dengan istilah JDM, Dub City, Vintage, dll. Yaap, istilah-istilah tersebut adalah nama-nama style aliran atau gaya modifikasi. Tapi apa yang mendeskripsikan masing-masing style? Apa batasannya sehingga gaya ini adalah JDM atau Dub City? Berikut ini saya uraikan deskripsi dari masing-masing style.

1. JDM 
Japan Domestic Market atau biasa kita sebut JDM adalah suatu aliran modifikasi dimana semua bagian part mobil menggunakan part asli yg berasal dari Jepang, bukan replika. Sebagai contoh Mitsubishi Lancer GTI memakai semua bodypart Lancer Evo, kenapa bisa dibilang sebagai JDM? Karena bagian part mobil menggunakan komponen asli dari Jepang yg tidak diedarkan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) mobil tersebut di indonesia. Toyota Starlet di Indonesia berbeda dengan Toyota Starlet JDM, karena stalet JDM headlampnya menggunakan lampu bulat yg terpisah dua. Aliran tersebut sekarang sangat menjamur di seluruh ibu kota di Indonesia. Salah satu alasan mengapa aliran JDM ini banyak dianut adalah karena modifikasi JDM itu simple, dan enak dilihat. Segala komponen asli Jepang maka spare part itu sudah termasuk JDM.

2. USDM

United State Domestic Market adalah mobil berpenampilan elegan danbiasanya di bumper sebelah kanan atau kiri ada lampu tambahan yg berfungsi sebagai signal agar pengendara dari samping bisa melihatnya.
Selain itu mobil-mobil USDM rata-rata memiliki part bumper sedikit lebih besar dibandingkan dengan JDM karena ada penahan benturannya dan juga terlihat lebih modis.







3. Dub City
Dub city adalah aliran yg mengutamakan kemewahan yg menonjolkan kekayaan atau prestige pemilik mobil. Ciri khasnya adalah penggunaan velg besar ukuran 20”-26” full chrome, interior mewah menggunakan balutan kulit asli dan kancing atau aksesorisnya memakai crystal Swarovski. Pada Dubcity Audio system selalu menganut aliran Sound Pressure Level (SPL) dimana dentuman bass sangat kuat. Untuk cat sering kali menggunakan warna hitam atau putih karena identik dgn kemewahan, tapi kadang diaplikasikan juga dengan sapuan airbrush yg simple tetapi kelihatan mewah. Untuk segi warna cat shiny dan wetlook adalah kewajiban buat modifkasi Dub City

4. VIP
Very Important Personal adalah style modifikasi simple tidak terlihat extreme tapi banyak ubahan pada bagian eksterior. Tambahan bodykit dan velg berukuran super besar dan lebar serta celong kedalam, dengan offset negatif dengan memiringkan sisi chamber. 
Interiornya dibuat rapih dan bersih dan dibalut oleh kulit berkualitas tinggi supaya terlihat elegan. TIdak banyak accessories yang berlebihan. Sistem audio untuk memanjakan telinga menggunakan kualitas suara (SQ). Modifikasi ini sering juga menggunakan aplikasi tambahan yaitu Air Suspension supaya extreme dan body mobil lebih dekat dengan tanah.

5. Vintage/Classic
Modifikasi ini adalah mengembalikan kondisi mobil seperti awal mobil tersebut dibuat, dengan mengutamakan keaslian part mobil tersebut. Meskipun terlihat simple jangan salah, modifikasi aliran ini cukup banyak menghabiskan banyak uang karena harga parts-parts mobil tersebut sangat mahal karena sudah jarang dipasaran atau tidak diproduksi lagi.
Umumnya cat yang digunakan adalah warna-warna solid yang terang seperti krem, putih, coklat, merah tua.
Sedangkan untuk sektor interior menggunakan bahan standard pabrik mobil tersebut.

Nah, sekarang tinggal anda sesuaikan selera, karakter diri pribadi, dan kocek untuk memodifikasi mobil kesayangan anda. kalau ada yang memberi saran boleh di komentar..