F1: Mulai 2010, Tak Ada Pengisian Bahan Bakar Saat Pit Stop

F1: Mulai 2010, Tak Ada Pengisian Bahan Bakar Saat Pit Stop

JAKARTA - SURYA — Mulai musim 2010, ajang balapan Formula 1 (F1) mewujudkan rencana mereka untuk melakukan penghematan. Karena itu, Federasi Automobil Internasional (FIA) telah memberikan konfirmasi bahwa, mulai kompetisi tahun depan, tak ada lagi pengisian bahan bakar saat mobil masuk pit stop.

“Sudah dikonfirmasi bahwa, mulai 2010, pengisian ulang bahan bakar dilarang. Ini termasuk cara untuk mengamankan anggaran biaya untuk peralatan pengisian ulang bahan bakar, serta menambah insentif untuk peningkatan mesin agar bisa lebih irit,” demikian pernyataan FIA yang dirilis Autosport, Kamis (30/4), menyusul pertemuan World Motor Sport Council.

Dalam pertemuan tersebut, diputuskan bahwa biaya maksimal F1 selama satu musim adalah 40 juta poundsterling (sekitar Rp 635,267 miliar). Ini sebenarnya lebih tinggi 10 juta poundsterling karena awalnya FIA menekan biaya selama satu musim “hanya” 30 juta poundsterling.

Namun, setelah pekan lalu Presiden FIA Max Mosley melakukan konsultasi dengan tim-tim F1, maka anggaran biaya itu ditingkatkan. Dengan demikian, semua tim harus bisa memaksimalkan dana yang ada agar tetap kompetitif meskipun biayanya dibatasi./kcm



sumber: surya online