5 Tips Berbincang dengan Kolega Demi Memperluas Koneksi Kerja

5 Tips Berbincang dengan Kolega Demi Memperluas Koneksi Kerja

img
Jakarta - Untuk memiliki karier yang cemerlang tak semata-mata hanya kepandaian atau kerja keras yang dibutuhkan. Kemampuan dalam membangun koneksi tak jarang menjadi faktor X yang membuat pekerjaan berjalan lebih mulus. Memperluas jaringan pertemanan di lingkungan profesional bisa dimulai dengan banyak mengobrol dengan orang dari luar perusahaan.

Hal itu memang bukan hal yang mudah, terutama bagi orang yang merasa kurang berbakat dalam bersosialisasi. Namun jangan khawatir, dikutip dari Telegraph, menurut Louisa Symington-Mills dari Citymothers, seni berbicara memang seharusnya dipelajari. Mengubah sebuah perbincangan basa-basi untuk menjadi sebuah diskusi berarti juga memiliki cara tersendiri. Bagaimana tips dan triknya?

1. Konsentrasi
Saat Anda sedang mengobrol dengan kolega dari perusahaan lain yang diniatkan untuk membangun koneksi lakukanlah dengan konsentrasi. Terutama jika Anda berada di sebuah acara yang ramai dan dipenuhi banyak kenalan.

Ketika Anda melihat orang penting yang ingin dikenal lebih dekat, jangan ragu-ragu untuk mendekatinya. Namun jika sedang mengobrol dengan orang lain, jangan mendadak meninggalkannya. Anda bisa dicap orang yang arogan dan tidak sopan. Sebaiknya tutup pembicaraan 'sehalus' mungkin.

2. Mendengarkan
Ketika tengah berbincang dengan orang penting yang Anda incar, buatlah diskusi menjadi menarik dengan mendengarkannya secara seksama. Kunci dari pembicaraan yang bermakna adalah mendengarkan kemudian menggali informasi atau pertanyaan dari apa yang dia katakan. Buatlah percakapan tersebut senatural mungkin, hindari kesan memaksa atau terlalu penasaran.

3. Ketahui Orang Tersebut
Jika Anda ingin memberi impresi pada seseorang melalui percakapan, ketahuilah banyak hal tentangnya. Misalnya jika Anda mengetahui dia baru saja memenangkan sebuah proyek besar, tanyalah mengenai hal tersebut. Orang itu pasti akan senang karena merasa dirinya penting dan diperhatikan.

4. Kontak Mata
Saat berbicara dengan kenalan yang berpotensi memperluas jaringan pertemanan jangan lupa untuk menjaga kontak mata. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat tertarik dengan pembicaraannya dan percaya diri. Meski orang tersebut adalah tokoh penting yang ternama, usahakan untuk tidak terlihat gugup dengan memalingkan pandangan.

5. Dekati Semua Orang
Memperluas jaringan mudah dilakukan ketika Anda berada di sebuah acara atau pesta yang mempertemukan banyak pegawai dari perusahaan yang berbeda. Bahkan jika sebenarnya Anda merupakan orang yang cenderung tak banyak bicara bukan berarti Anda tak bisa handal dalam membangun koneksi.

Jika terlalu malu untuk mendekati orang, mulailah dengan orang-orang sekitar yang terlihat 'sama pemalu'-nya dengan Anda. Bisa jadi dia adalah seorang CEO penting yang bersikap tenang.
sumber