5 Kesalahan Sepele yang Bisa Membuat Karyawan Terlihat Tak Profesional

5 Kesalahan Sepele yang Bisa Membuat Karyawan Terlihat Tak Profesional





Jakarta - Kesuksesan karier adalah salah satu hal yang paling diusahakan para wanita di zaman ini. Mereka pun melakukan banyak cara demi terlihat berpotensi. Gigih dalam memecahkan masalah atau selalu datang tepat waktu menjadi beberapa langkah yang dilakukan demi membuktikan diri. Bagi Anda yang sudah merasa mapan atau mencapai puncak karier, tetaplah berhati-hati dalam bertingkah. Karena jika tidak, beberapa kesalahan sepele bisa membuat Anda tampak kurang profesional. Meski tidak akan membuat Anda dipecat, kesalahan berikut dapat mempengaruhi pandangan atasan atau rekan terhadap diri Anda yang sebenarnya.

1. Salah Kostum

Setiap wanita pasti ingin terlihat menarik serta modis, tak terkecuali di tempat kerja. Namun hati-hati, jangan berpakaian terlalu ekstrim. Meski tidak ada aturan yang melarang untuk memakai sandal Birkenstock atau rok kulit yang sedang in, usahakan untuk tak mengenakannya ke kantor. Hal seperti ini memang relatif atau tergantung budaya kerja masing-masing perusahaan. Jadi analisa terlebih dahulu apakah kantor dapat menerima gaya berpakaian yang ingin Anda tampilkan. Kalau perlu, diskusikan dahulu dengan pihak HRD atau perekrut kerja.

2. Mengadukan Rekan

Ketika Anda dipercaya untuk membawahi sebuah proyek, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk memperlihatkan jiwa kepemimpinan. Apabila ada seorang anggota tim yang bersikap kurang bisa diajak bekerja sama, usaha untuk tidak mudah mengadu pada atasan. Jika bisa, jangan mengadu sama sekali dan akui hal tersebut sebagai kesalahan Anda sebagai pemimpin tim.

3. Tidak 'Permisi'

Saat tengah mengerjakan sebuah proyek besar, usahakan untuk selalu melaporkan perkembangannya terhadap manejer atau atasan. Jangan sampai Anda terlanjur mengambil sebuah keputusan penting tanpa melibatkan atau diketahui oleh bos yang memberi kepercayaan. Meski atasan terlihat sibuk atau tidak punya waktu untuk mengurus proyek tersebut, paling tidak selalu beri dia informasi perkembangannya sehingga Anda terlihat sebagai orang yang bisa diandalkan.

4. Mengeluh di Sosial Media

Mengalami hari buruk karena pekerjaan menumpuk? Hati-hati jika ingin curhat mengenai hal tersebut ke sosial media. Terlebih bila Anda berteman dengan banyak rekan di kantor atau kolega dari perusahaan lainnya. Sering mengeluh di jejaring sosial bisa membuat Anda terlihat kekanak-kanakan. Hindari pula mem-posting sebuah informasi rahasia atau proyek besar kantor yang tidak seharusnya diketahui banyak orang.

5. Bergosip

Tak sedikit karyawan yang menemukan rekan-rekan yang 'klik' kemudian membentuk sebuah grup pertemanan. Makan siang atau mengobrol bersama adalah hal umum dilakukan. Namun ingat jangan sampai perilaku grup Anda mengganggu rekan-rekan yang lainnya, apalagi jika sampai menarik perhatian atasan. Hindari curhat pribadi atau bercanda terlalu kencang saat jam kerja sudah cukup bisa membuat Anda sekelompok terlihat lebih elegan.

sumber