My Blog

Latest blog

  • Pengertian Arsitektur Komputer
Organisasi komputer adalah suatu hal yang mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, sebagai contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral, teknologi memori yang digunakan. Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda.
  • Evolusi Komputer
Ada dimensi-dimensi penting dalam evolusi komputer, dan terdapat beberapa alasan yangmenyebabkan komputer beserta komponen dan arsitekturnya terus berkembang, yaitu kinerja,kapasitas, harga, maintainability dan kenyamanan pengguna. Kinerja dan kapasitas dipengaruhioleh faktor teknologi, konsep dan teknik
gambar 1. dimensi penting komputer
1. Evolusi mode-mode penggunaan komputer
Mode-mode penggunaan sistem komputer pada waktu yang berbeda. Pada setiap mode,sistem operasi dan software sistem yang berhubungan mempunyai beberapa fitur-fitur unik.
a. Uniprograming: hanya satu tugas yang diproses pada satu waktu dan semua resource sistem tersedia secara eksklusif sampai tugas terselesaikan
b. Paraller processing: kemampuan menjalankan tugas atau aplikasi lebih dari satu aplikasi dan dijalankan menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan.
c. Multi processing: kombinasi eksekusi dari dua atau lebih program yang berbeda dalam sebuah CPU.
d. Multitasking: menjalankan dua atau lebih program dalam sebuah komputer pada saat yang bersamaan. Berapa banyak program yang dapat se&ara efektif di multitasking tergantung dari tipe
multitasking yang dilakukan ( preemptive vs Cooperative), kecepatan CPU dan memori serta kapasitas harddisk.
e. Komputer network: sistem jaringan kerja komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.

2.Evolusi Arsitektur CPU dasar
Berdasarkan organisasinya CPU komputer dikelompokan ke dalam 3 basis CPU, yaitu:
a. CPU berbasis akumulator: pada arsitektur berbasis akumulator, jumlah intruksi dalam program meningkat tetapi intruksi menjadi cepat karena operand sudah berada dalam akumulator itu sendiri. Akumulator adalah sebuah register yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan aritmatika dan hasil logika, akumulator sangat dibutuhkan untuk menulis perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian,maupun pembagian ke memori utama (main memori) yang mungkin untuk dibaca kembali untuk melakukan operasi berikutnya.
b. CPU berbasis register: pada arsitektur berbasis register, operand-operand untuk intruksi disimpan dalam register CPU dan karena itu operand-operand dibaca dengan cepat ketika siklus intruksi. Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut.
c. CPU berbasis stack: dimana pemrogramnya sangat sederhana karena operasi aritmetika dilakukan pada item teratas dari stack tersebut.

3.Evolusi Unit Control dan Penerjemahan Intruksi
a. Hardwired control unit: Pada implementasi hardwire, unit kontrol berperan sebagai sirkuit terkombinasi yang dibuat berdasarkan kontrol sinyal yang akan dikeluarkan. Jadi untuk setiap kontrol sinyal memiliki rangkaian logika tertentu pada kontrol unit yang dapat menghasilkan kontrol sinyal yang dimaksud. Kelebihan dari hardwireadalah kecepatannya yang tinggi karena logika unit kontrol langsung dibentuk menjadi rangkaian.
b. Microprogrammed control unit: implementasi microprogrammed tidak menggunakan sirkuit terkombinasi namun menggunaka intruksi mikro. berupamenyimpan pola-pola bit untuk setiap instruksi yang sesuai dengan sinyal-sinyal kontrol dalam beberapa mikrointruksi.Kelebihan dari
microprogrammed adalah lebih mudah untuk mengimplementasikan dan mendesain kontrol unit dan jauh lebihmurah.
c. Hybrid control unit: menggunakan kedua gabungan tersebut, dimana bagian dari unit kontrol yang membutuhkan waktu krisis yang digunakan hardwired dan sebaliknya digunakan microprogrammed.

4. Evolusi Teknik-Teknik Memori
Dalam evolusi teknik memori utama terdapat dua konsep:
a. Interleaving concept: salah satu konsep pembagian memori menjadi dua bagian lokasi yaitu alamat ganjil dan genap. Dengan kata lain, lokasi yang berdekatan ditempatkan dalam modul yang terpisah yang dapat diakses secara bersamaan sehingga secara keseluruhan mengurangi waktu akses.
b. Bank switching: merupakan konsep yang mengatasi masalah kapasitas memori yang dibatasi jumlah bit alamat dengan cara tanpa sepengetahuan CPU dengan bantuan atau kerjasama sistem operasi.
5. Evolusi Penanganan Siklus Intuksi
Secara umum kinerja suatu subsistem dapat ditingkatkan dengan teknik paralelisme duplikasi
hardware, paralelisme dengan aksi mendahului, tumpang tindih dan realokasi.

6. Evolusi Teknik-Tenik I/O
Dalam evolusi teknik I/O terdapat teknik-teknik transfer data dengan perangkat peripheral, yaitu polling, mode interupsi, (data channel, mode DMA) front and prosesor. Teknik-teknik I/O tersebut pada setiap perangkat menawarkan kecepatan atau transfer rate yang beragamdan juga biaya hardware yang bermacam-macam.
7. Evolusi Software Sistem 
Sistem operasi dan pengembangan software sistem lainnya telah berkembang bersama dengan
hardware dan arsitektur. Beberapa pengembangan penting software sistem antara lain: bahasa mesin, bahasa rakitan, sistem operasi, Bahasa tingkat tinggi, sistem basis data, sistem pakar dan embedded sistem.
gambar 2. software sistem
Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. 
Sejarah Komputer menurut generasinya adalah
- Alat Hitung Tradisional
- Komputer Generasi Pertama 
- Komputer Generasi Kedua 
- Komputer Generasi Ketiga 
- Komputer Generasi Keempat 
- Komputer Generasi Kelima
  • Alat Hitung Tradisional
Yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di Eropa,abacus kehilangan popularitasnya. Pada masa berikutnya,beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.

gambar 3. alat hitung tradisional
  • Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

gambar 4. komputer generasi pertama
  • Komputer Generasi Kedua
Komputer generasi kedua sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.

gambar 5. komputer generasi kedua
  • Komputer Generasi Ketiga 
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.

gambar 6. komputer generasi ketiga
  • Komputer Generasi Keempat 
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen- komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon, dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. 

gambar 7. komputer generasi keempat
  • Komputer Generasi Kelima 
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Untuk komputer seperti ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.

gambar 8. komputer generasi kelima
sumber:
nelly_sofi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35635/Arsitektur+Komputer.pdf
https://www.academia.edu/16528454/Evolusi_Komputer



 Aplikasi yang saya buat bertujuan untuk menentukan titik lampu pada suatu ruang (N). Dengan terdapat 2 menu pilihan yaitu menentukan jumlah titik lampu pada (perkantoran/ restauran/ store/ toko) dan juga menentukan jumlah titik lampu pada (rumah sakit/ sekolah). Dan juga tidak lupa untuk sistem ini saya menggunakan "procedure" yang bertujuan untuk membedakan dari sistem yang sebelumnya terdapat diblog ini juga. Input yang diketahui antara lain: kuat penerangan (E), panjang bangunan (P), lebar bangunan(L), faktor cahaya rugi 0.7-0.8 (LLF), faktor pemanfaatan 50%-65% (CU), dan juga total lumen (Q). Output yang dihasilkan dapat dilihat pada gambar2 dan gambar3.

 Berikut adalah listing programnya:
 program menentukan_jumlah_titik_lampu_pada_suatu_ruang;
uses crt;
var
E, P, L, Q, LLF, CU, N, pilihan, r_N : real;

function f_N(f_E, f_P, f_L, f_Q, f_LLF, f_CU, pil: real;
var result: real;
begin
if (pil =1) then
begin
result := ((500-f_E) * (f_P) * (f_L) / (f_Q) * (f_LLF) * (f_CU);
end
else
begin
result := ((800-f_E) * (f_P) * (f_L) / (f_Q) * (f_LLF) * (f_CU);
end;
f_N := result;
end;
end;
begin
clrscr;
writeln(' program menentukan jumlah titik lampu pada suatu ruang ');
writeln(' ');
writeln(' ');
write(' masukkan nilai E (kuat penerangan) : ');
readln(E);
write(' masukan nilai P (panjang bangunan) : ');
readln (P);
write(' masukkan nilai L (lebar bangunan) : ');
readln(L);
write(' masukkan nilai LLF (faktor cahaya (0.7-0.8)) : ');
readln(LLF);
write(' masukkan nilai CU (faktor pemanfaatan (50%-65%)) : ');
readln(CU);
writeln;
writeln('---------------------------------------------------------');
writeln('-------------------MENU------------------------------');
writeln('[1] menentukan jumlah titik lampu pada (perkantoran/ restauran/ store/ toko) ');
writeln('[2] menentukan jumlah titik lampu pada (rumah sakit/ sekolah) ');
write('masukkan pilihan);
writeln('---------------------------------------------------------');
if (pilihan = 1) then
begin
write('masukkan nilai Q : ');
readln(Q); 
f_N(E, P, L, Q, LLF, CU, pilihan, r_N);
writeln('nilai N= ', r_N:1:2, ' titik');
end
else if (pilihan = 2) then
begin
write('masukkan nilai Q : ');
readln(Q); 
f_N(E, P, L, Q, LLF, CU, pilihan, r_N);
writeln('nilai N= ', r_N:1:2, ' titik');
end
else
begin
writeln('salah input');
end;
readln;
end.

Gambar1. Flowchart
Gambar2. Hasil Program 1
Gambar3. Hasil Program 2
Soal V-class ke-1:
Jelaskan spesifikasi register yang terdapat dalam Prosesor intel core i3
Jawab:

            Register adalah memori berukuran sangat kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi.
Register digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara
itu data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran diproses akan disimpan dalam main memory. [1]

Berikut adalah contoh register pada prosesor: 


Intel Core i3: 

Spesifikasi Prosesor Intel core i3: [2]
































Aplikasi yang saya buat bertujuan untuk menentukan titik lampu pada suatu ruang (N). Dengan terdapat 2 menu pilihan yaitu menentukan jumlah titik lampu pada (perkantoran/ restauran/ store/ toko) dan juga menentukan jumlah titik lampu pada (rumah sakit/ sekolah). Input yang diketahui antara lain: kuat penerangan (E), panjang bangunan (P), lebar bangunan(L), faktor cahaya rugi 0.7-0.8 (LLF), faktor pemanfaatan 50%-65% (CU), dan juga total lumen (Q). Output yang dihasilkan dapat dilihat pada gambar2 dan gambar3.

1.   

Berikut adalah listing programnya:
program menentukan_jumlah_titik_lampu_pada_suatu_ruang;
uses crt;
function f_N(f_E, f_P, f_L, f_Q, f_LLF, f_CU, pil: real): real;
var result: real;
begin
if (pil =1) then
begin
result := ((500-f_E) * (f_P) * (f_L) / (f_Q) * (f_LLF) * (f_CU);
end
else
begin
result := ((800-f_E) * (f_P) * (f_L) / (f_Q) * (f_LLF) * (f_CU);
end;
f_N := result;
end;
var
E, P, L, Q, LLF, CU, N, pilihan: real;
begin
clrscr;
writeln(' program menentukan jumlah titik lampu pada suatu ruang ');
writeln(' ');
writeln(' ');
write(' masukkan nilai E (kuat penerangan) : ');
readln(E);
write(' masukan nilai P (panjang bangunan) : ');
readln (P);
write(' masukkan nilai L (lebar bangunan) : ');
readln(L);
write(' masukkan nilai LLF (faktor cahaya (0.7-0.8)) : ');
readln(LLF);
write(' masukkan nilai CU (faktor pemanfaatan (50%-65%)) : ');
readln(CU);
writeln;
writeln('---------------------------------------------------------');
writeln('-------------------MENU------------------------------');
writeln('[1] menentukan jumlah titik lampu pada (perkantoran/ restauran/ store/ toko) ');
writeln('[2] menentukan jumlah titik lampu pada (rumah sakit/ sekolah) ');
write('masukkan pilihan);
writeln('---------------------------------------------------------');
if (pilihan = 1) then
begin
write('masukkan nilai Q : ');
readln(Q);
N:= f_N(E, P, L, Q, LLF, CU, pilihan;
writeln('nilai N= ', N:1:2, ' titik');
end
else if (pilihan = 2) then
begin
write('masukkan nilai Q : ');
readln(Q);
N:= f_N(E, P, L, Q, LLF, CU, pilihan;
writeln('nilai N= ', N:1:2, ' titik');
end
else
begin
writeln('salah input');
end;
readln;
end.
 Gambar1. Flowchat
Gambar2. hasil program1

Gambar3. Hasil program2

program menentukan_jumlah_kebutuhan_lampu_pada_instalasi_gedung;
uses crt;
var
E,P,L,Q,LLF,CU,N : real;
pilihan, pilihan2 : string ;
clrscr;
writeln('program menentukan jumlah kebutuhan lampu pada instalasi gedung');
writeln(' ');
writeln(' ');
write('masukkan nilai E (kuat penerangan) : ' );
readln(E);
write('masukkan nilai P (panjang gedung) : ' );
readln(P);
write('masukkan nilai L (lebar gedung) : ' );
readln(L);
write('masukkan nilai LLF (faktor cahaya rugi(0.7-0.8)) : ' );
readln(LLF);
write('masukkan nilai CU (faktor pemanfaatan (50%-65%)) : ' );
readln(CU);

write(' apakah anda ingin menghitung jumlah kebutuhan lampu? (y atau t);
readln(pilihan);
if(pilihan = 'y' ) then
begin

write (' masukkan nilai Q ( lamp luminous flux : ' );
readln(Q);

N := (E*P*L) / (Q*LLF*CU);
write('nilai N=', N : 2: 3, ' titik ' );
end
else if (pilihan = 't') then
write ('tidak dapat menghitung');
end
else
begin
write('salah input');
end;
readln;
end.

HASIL PROGRAM

FLOWCHART


SUMBER PUIL 2000
Private Sub Command1_Click()
Text7.Text = (Text1.Text * Text2.Text * Text3.Text) / (Text4.Text * Text5.Text * Text6.Text)
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Text10.Text = Text8.Text * Text9.Text
End Sub

Private Sub Command3_Click()
Text1.Text = " "
Text2.Text = " "
Text3.Text = " "
Text4.Text = " "
Text5.Text = " "
Text6.Text = " "
Text7.Text = " "
Text8.Text = " "
Text9.Text = " "
Text10.Text = " "
End Sub

Private Sub Command4_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub Form_Unload(Cancel As Integer)
MsgBox "Terima Kasih", vbInformation, "Informasi"
End Sub


SUMBER: PUIL2000

Pada pembuatan visual basic kali ini adalah program yang berguna untuk mengukur arus hubung pendek pada sistem TN(PNP). Dengan menggunakan sistem oprasi visual basic yang di modifikasi sehingga untuk menggunakan perhitungan rumus seperti yang telah ada maka menjadi lebih mudah.
Dengan memasukkan angka-angka yang sudah diketahui maka, perhitungan yang diketahui pada soal maka perhitungannya pun jadi lebih mudah dikerjakan. selain itu pula untuk melihat-melihat buku yang terlalu tebal dan juga lumayan rumit bagi orang yang sedikit malas untuk mencari di buku, maka sistem programan visual basic ini sangat cocok untuk kalian semua.
berikut adalah kodingan yang saya pakai untuk menjalankan program pengukuran arus hubung pendek pada sistem TN (PNP)

1. Sistem Untuk Menghapus Sebuah Data Pada Visual Basic
 
Private Sub Command1_Click()
Text1.Text = " "
Text2.Text = " "
Text3.Text = " "
Text4.Text = " "
End Sub

langkah diatas adalah cara-cara untuk menghapus pada data visual basic yang kita gunakan, sehingga tidak perlu lagi untuk menghapus satu-satu pada bagian text-text yang ada. caranya adalah, tidak perlu sampai mengetik yang sama. Tinggal ada berapa data yang tersedia dalam kolom tulisan tinggal di isi saja pada kodingan yang mau dihapus.

2. Sistem Untuk Tutup Layar Pada Aplikasi Visual Basic

Private Sub Command2_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub Form_Unload(Cancel As Integer)
MsgBox "Terima Kasih", vbInformation, "Informasi"
End Sub

Untuk sistem yang satu ini adalah bagaimana caranya agar tidak keluar dengan cara yang biasa. dengan mengubah sedikit aplikasi yang dibuat menjadi lebih beda dengan yang ada. dan membuatnya menjadi lebih menarik mungkin.

3. Sistem Perhitungan Rumus Secara Langsung Pada Aplikasi Visual Basic

Private Sub Command3_Click()
Text4.Text = (Text1.Text / (Text1.Text - Text2.Text)) * Text3.Text
End Sub

Pada sistem yang ini adalah konsep dari aplikasi visual basic untuk perhitungan atau pun pengukuran arus hubung pendek pada sistem TN(PNP). dengan mencari data yang telah ada maka langsung dibuat sistem kodingan dengan sistem dasar pembuatan kalkulator. dengan memodifikasi sistem kalkulator yang telah ada maka tinggal mengikuti langkah pada rumus yang ada, maka tinggal masukkan data-data yang mau di proses maka, langsung didapat hasilnya.

Berikut adalah flowchart dari rangkaian  visual basicnya.


Sumber: PUIL 2000


BAB 1
PENDAHULUAN

Studi beberapa lembaga dan media memperlihatkan bahwa tindak kejahatan menjadi ancaman besar bagi para wanita yang seringkali dianggap sebagai makhluk lemah. Tindakan itu dapat berupa tindak perampokan, hingga pelecehan seksual. Sedangkan banyak pria maupun wanita tidak cukup mampu mempertahankan diri dari serangan tindak kejahatan. Setidaknya, tiap satu menit dan 31 detik atau 91 detik kejahatan muncul dan hal tersebut terjadi selama 2012. Sementara itu Merujuk data yang dimiliki Mabes Polri, penanganan kasus kejahatan yang dapat diselesaikan pada 2012 sebanyak 167.653 kasus dari total 316.500 kasus kejahatan. Angka ini seperti diterangkan bekas Kadiv Humas Polri setara 53 persen. Menemukan bahwa maraknya tingkat kejahatan utamanya perkosaan mendorong penjualan stun gun (alat kejut listrik) meningkat tajam. Stun gun terdiri atas beberapa ukuran dan tingkat kekuatan listriknya. Ketika membawa stun gun, kita akan merasa lebih percaya diri saat bepergian dan bisa digunakan untuk melumpuhkan pelaku kejahatan.

Dari data-data di atas dapat kita ambil sebuah kesimpulan sederhana yaitu pembuatan alat seperti stun gun (alat kejut listrik) sangat efektif digunakan dikalangan masyarakat indonesia khususnya warga jakarta dan sekitarnya. Sementara itu, dari kehidupan warga jakarta yang banyak runitas untuk berkerja dan juga sedikit malas untuk melakukan olahraga maupun berpergian ketempat-tempat khusus bela diri juga mampu menjadi peluang besar dalam melakukan bisnis dibidang stun gun (alat kejut listrik).
Model bisnis yang dapat dilakukan adalah bisa langsung ke toko ataupun dapat pula dengan membelinya secara online yang sekarang lagi maraknya toko-toko online yang ada. Selain dapat dipermudah cara pembeliannya, pelanggan juga tidak perlu khawatir untuk macet-macetan dijalan. Sehingga sangat mudah untuk mendapatkan stun gun (alat kejut listrik)

Visi
Dapat melindungi warga jakatra dan sekitarnya dengan stun gun (alat kejut listrik). Selain itu mampu mengurangi angka kejahatan yang setiap tahun semakin meningkat.

Misi
  1. Berkomitmen untuk melayani masyarakat luas dengan pelayanan yang praktis, harga murah, dan pilihan yang lengkap dengan sistem reservasi online maupun offline.
  2. Membangun budaya inovatif, bersumber daya kualitas tinggi, dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat luas.
  3. Melindungi masyarakat dari tingkah laku orang-orang yang ingin berbuat jahat
BAB 2
PROFIL BADAN USAHA

1. JENIS USAHA

Jenis usaha yang akan dilakukan adalah fokus kepada masyarakat yang berusia antara 21-50 tahun. Karena selain stun gun (alat kejut listrik) dapat berbahaya jika salah ngenai sasaran dan juga tidak boleh asal dalam penggunaanya sehingga pelaku ataupun orang lain dapat kehilangan nyawa sekalipun. Sementara untuk pemasaran secara online akan menggunakan website yang diiklankan di situs-situs ternama seperti kaskus, olx, mataharimall dan sebagainya
.
2. NAMA PERUSAHAAN 

Nama perusahaan kami adalah setrum gun dengan selogan bahaya ada dimana-mana lengkapi diri anda dengan alat keamanan wajib hukumnya.

3. LOKASI
Alamat kami ada di komplek deppen jl. Media 1 blok zz-19 Sukatani Tapos Depok Jawa Barat.


BAB III

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN


1. PROFIL PEMILIK

Nama : Satrio Wicaksono
Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 06 Maret 1995
Status Pendidikan : Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Gunadarma
Alamat : Komp. Deppen Jl. Media 1 Blok ZZ-19 Sukatani Tapos Depok Jawa Barat
Telpon/mobile : 0856 6666 6666
Email : Satriowicaksono6@gmail.com
Profil singkat:
Saya menekuni dunia bisnis dari mulai dibangku kuliah hingga saat ini. Baru beberapa bulan untuk melakukan hal berdagang stun gun. Inovatif, visioner, pantang menyerah, dan selalu fokus pada pada apa yang dikerjakan merupakan profile singkat saya.

2. STRUKTUR ORGANISASI


Keterangan Pekerjaan

Pembina / Investor :
Tugas mengawasi jalannya usaha tiap bulan dan memberikan masukan pada CEO dalam mengambil keputusan.

CEO / Direktur Utama :
Tugas adalah memimpin perusahaan, mengkoordinasi para kepala bidang, memberikan keputusan atas kebijakan di perusahaan.

Bid. Marketing & Sales :
Tugas adalah memasarkan produk perusahaan baik secara offline maupun online, merencanakan strategi pemasaran & taktik penjualan, serta melaksanakan rencana tersebut.

Bid. Teknologi & Informasi :
Bertugas mengawasi jalanya sistem informasi baik ke dalam (Internal) dalam hal ini mengawasi jaringan komputerisasi maupun keluar (External) dalam hal ini memastikan pengunjung website bisa terlayani dengan baik menggunakan teknologi yang ada. Dan mampu untuk mengupgrade perubahan yang ada di masyarakat sekitar.



BAB IV 

PRODUK

1. Stun Gun (Senjata Kejut Listrik) Model 01











Fungsi :
  • Alat Setrum Kejut Voltase Tinggi 
  • Senter yang serbaguna 
  • Sebagai Media untuk Melindungi Diri Sendiri dan Orang terdekat yang Kita Sayangi 
Spesifikasi :

  • Ukuran = 17cm*4cm*2cm 
  • Input Voltage = 4.5VDC 
  • Current = 2.8A 
  • Output Voltage = 2000KV 
  • Casing Kulit 
  • Level Setrum = 7 (Rasio 1-10) 
  • Ratio adalah Nilai Statistik suatu Produk jika dibandingkan dengan Produk Sejenis tapi beda Tipe. 
2. Stun Gun (Senjata Kejut Listrik) Model 03










Fungsi :
  • Alat Setrum Kejut Voltase Tinggi 
  • Senter yang serbaguna 
  • Sebagai Media untuk Melindungi Diri Sendiri dan Orang terdekat yang Kita Sayangi 
Spesifikasi :
  • Ukuran = 14cm*4cm*2cm 
  • Input Voltage = 4.5VDC 
  • Current = 2.8A 
  • Output Voltage = 2000KV 
  • Level Setrum = 7.5 (Rasio 1-10) 
  • Ratio adalah Nilai Statistik suatu Produk jika dibandingkan dengan Produk Sejenis tapi beda Tipe.
3. Stun Gun (Senjata Kejut Listrik) Model 04 











Fungsi :
  • Alat Setrum Kejut Voltase Tinggi 
  • Senter yang serbaguna 
  • Sebagai Media untuk Melindungi Diri Sendiri dan Orang terdekat yang Kita Sayangi
Spesifikasi :
  • Ukuran = 11cm*4cm*2cm 
  • Input Voltage = 4.5VDC 
  • Current = 2.8A 
  • Output Voltage = 1200KV 
  • Level Setrum = 5.5 (Rasio 1-10) 
  • Ratio adalah Nilai Statistik suatu Produk jika dibandingkan dengan Produk Sejenis tapi beda Tipe.

BAB V 
TARGET PASAR 

Target pasar yang kita incar adalah kariawan swasta maupun PNS antara usia 21-50 yang sangat sibuk. Sehingga tidak sempat pergi ke tempat-tempat beladiri dan sebagainya. Maraknya stun gun macam ini diluaran yang spesifikasinya hampir sama namun saya yakin didalam perdangan. Manajement yang bagus dan pekerja yang sangat kreatif mampu bersaing alatnya juga lebih tahan lama.



BAB VI 

PROMOSI DAN PEMASARAN 

Dari bab pendahuluan sudah disebutkan bahwa ada dua model bisnis yang akan kami bentuk yaitu Offline dan Online. Tentu strategi pemasaran yang akan digunakan akan berbeda.

a. Pemasaran secara offline

Untuk pemasaran secara offline dilakukan menggunakan brosur, pamflet, dan juga media lokal area dekat toko berada. Dibantu dengan sistem afiliasi tidak langsung yang kami sediakan, kami percaya dapat memberikan dampak atau nilai kali yang lebih baik dibandingkan dengan menjual. kami juga memberikan keunggulan Penawaran yang diberikan adalah mulai dari potongan harga setiap pembelian partai besar.

Sistem afiliasi tidak langsung ini terinspirasi dari escrow milik Tokopedia. Dimana ketika pembeli ingin membeli barang dagangan suatu toko, pembeli tersebut harus mentransfer sejumlah uang ke rekening Tokopedia bukan kepada penjual langsung. Penjual mendapatkan uangnya ketika sang pembeli sudah menkonfirmasi bahwa barang telah sampai pada tujuan. Ketika pembeli mentransfer uang lebih dari biaya yang ditentukan, uang tersebut akan masuk ke rekening escrow atau kerap disapa sebagai saldo pembeli tersebut.

b. Pemasaran secara Online

Pemasaran menggunakan media online tentu memiliki jangkauan yang lebih luas daripada Offline. Oleh karena itu beberapa media yang akan dipakai adalah beriklan di google. Pertimbangan kami menggunakan google dikarenakan saat ini sebagian besar pengguna internet menggunakan mesin pencari google untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu media Online lokal juga akan digunakan untuk berpromosi seperti kaskus, olx dan masih banyak lagi yang sejenisnya. Promosi yang dilakukan dengan media Online pada prinsipnya sama dengan media Offline, akan tetapi ada sedikit perbedaan hasil yang akan didapatkan. Hal ini didasarkan luas cakupan daerah yang dijangkau. Media online tidak memiliki batasan waktu dan tempat. Inilah yang menjadi keunggulan media Online dalam hal pemasaran.

Selain itu, perkembangan dunia Online yang semakin cepat dewasa ini memaksa kita untuk ikut juga berkompetisi dari aplikasi mobile. Pengembangan berikutnya adalah membuat sebuah aplikasi mobile yang handal agar pelanggan lebih mudah mencari apa yang mereka butuhkan baik tiket, hotel dan lain-lain. Hal ini didasarkan bahwa saat ini semakin banyak orang yang mengakses website atau internet menggunakan perangkat Hp dan Tablet, sehingga dirasa perlu untuk membuat aplikasi berbasis mobile.

c. Strategi pemasaran

Strategi marketing akan difokuskan untuk beriklan di Google, Facebook, dan media iklan online lainnya secara efektif dan efisien. Untuk mempercepat akselerasi marketing online kami berencana untuk menyerahkan segala kebutuhan Internet Marketing kepada ahlinya, yang tentu saja akan kami sortir vendor yang terbaik. Konsepnya adalah supaya ikut laris, buat toko juga di sampingnya.

Strategi pemasaran lainnya adalah dengan memberikan fitur “hot deal” atau penawaran yang tidak terduga (seperti strategi Qoo10 Indonesia) atau memberikan diskon / hadiah kepada orang yang mampu menjawab pertanyaan / games dalam jumlah yang terbatas, selain itu ada kode kupon, dan lain sebagainya yang bisa menciptakan word of mouth masyarakat dengan cara-cara inovatif. Sebagai pengetahuan saja bahwa adalah salah satu toko online yang memberikan warna berbeda dari toko online lainnya. Hal ini juga dapat merangsang para affiliate marketer (penjual tidak langsung) untuk meningkatkan volume penjualan mereka. Dengan memberikan komisi yang kompetitif kepada Affiliate Marketer, dapat dipastikan penjualan akan meningkat, laku keras dan dapat dipercaya oleh pihak maskapai. Tujuanya adalah untuk mendapatkan harga awal yang lebih murah. Dengan begitu branding tiket termurah bisa didapatkan oleh perusahaan ini nantinya di mata masyarakat luas. Dengan Branding yang sangat kuat tersebut, diharapkan keuntungan dapat diraih secara maksimal.


BAB VII 
LAPORAN KEUANGAN 


1. Perhitungan pembuatan stun gun

Harga dari komponen:

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional 

= Rp4.150.000 + Rp11.550.000

= Rp15.700.000

Pendapatan perbulan:
Pendapatan = 3 produk x harga jual 3x target penjualan = Rp1.740.000 x 12 = Rp20.880.000



Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya

= Rp20.880.000- Rp15.700.000 = Rp5.180.000



Revenue Cost Ratio (R/C)



R/C = Pendapatan : Total Biaya



= Rp20.880.000 : Rp15.700.000 = Rp1.33



Break Event Point (BEP)



BEP Produksi = Total Biaya: Total Produksi



= Rp15.700.000 : Rp20.880.000 = Rp0.75


Contact Me

Contact With Me

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and type setting industry when an unknown printer took a galley of type

  • 9908B Wakehurst St.Rockaway
  • 990800113322
  • info@domain.com
  • www.yourinfo.com